Kompas.com - 28/05/2013, 15:02 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam kunjungannya ke Puskemas Kecamatan Pasar Rebo, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengimbau kepada warga untuk menghindari penggunaan Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk pengobatan penyakit ringan.

"Jangan sedikit-sedikit langsung ke rumah sakit, masa ya kalau sakit panu saja langsung ke rumah sakit?" kata Jokowi seusai menyerahkan KJS secara langsung kepada 100 warga di pelataran Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (28/5/2013).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa dengan menggunakan kartu tersebut, kini warga akan mendapat pelayanan kesehatan secara cuma-cuma. Jokowi juga menjelaskan tentang alur pelayanan KJS yang dilaksanakan secara berjenjang. Warga dianjurkan memeriksakan kesehatannya ke puskesmas terdekat. Jika harus dirujuk ke rumah sakit, puskesmas akan merujuk pasien ke rumah sakit pengikut program KJS.

"Kalau mendesak sakitnya, ya bisa langsung (ke RS), tapi setelah itu diurus rujukannya," kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Safarudin mengatakan, selain 8.900 lembar KJS yang dibagikan di Pasar Rebo pada hari ini, masih ada sekitar 21.000 lembar yang akan dibagikan di wilayah Jakarta Timur. Safarudin mengatakan, sebanyak 75 puskesmas di Jaktim, yang terdiri atas 10 puskesmas kecamatan dan 65 puskesmas kelurahan, siap melayani pemeriksaan kesehatan bagi pengguna KJS.

"Sekitar 95 persennya sudah berstandar ISO, sedangkan sisanya akan kita rampungkan tahun ini juga," ujarnya.

Selain di Pasar Rebo, peluncuran KJS yang dilakukan secara simbolis oleh Jokowi juga dilakukan di Koja, Jakarta Utara, dan Kalideres, Jakarta Barat. Total ada 1.733.991 lembar KJS yang dibagikan di Jakarta hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.