Kompas.com - 28/05/2013, 17:17 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi E (Bidang Kesejahteraan Rakyat) DPRD DKI Jakarta, Wanda Hamidah, meminta agar pemerintah provinsi tidak tunduk dengan ketentuan pusat soal program Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Menurut Wanda, Pemprov DKI Jakarta memiliki kemampuan anggaran membiayai sendiri program pelayanan kesehatan itu. Pemprov DKI Jakarta tidak perlu menunggu pembahasan perubahan tarif pelayanan kesehatan.

"Ini program kita, uang kita, harus DKI Jakarta yang bisa menentukan tarif pelayanan kesehatan sendiri. Jangan menggunakan sistem pembayaran yang ditetapkan pemerintah pusat. Jika perlu, DKI Jakarta yang memberi contoh sistem pelayanan kesehatan yang baik," kata Wanda Hamidah, Selasa (28/5/2013), saat bertemu perwakilan rumah sakit dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI.

Wanda menambahkan, jika perlu, Pemprov DKI Jakarta membuat ketentuan tarif sendiri. Sementara ini, program KJS mengacu pada sistem pembayaran Ina CBG's yang ditetapkan Kementerian Kesehatan dan perwakilan unsur rumah sakit.

"Jika perlu, kita bangun sistem pembayaran Jak CBG's," kata Wanda.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI, Dien Emawati, menjelaskan, saat ini pemerintah pusat sedang membahas evaluasi ketentuan tarif Ina CBG's.

Menurut Dien, pertengahan Juni ini, hasil pembahasan itu diperkirakan selesai. Menanggapi hal itu, Wanda mengatakan jangan sampai terlalu lama memutuskan sebab masyarakat membutuhkan perbaikan segera mengenai sistem KJS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.