Kompas.com - 28/05/2013, 19:42 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendukung penggunaan transportasi umum, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga harus memberi perhatian besar pada fasilitas pejalan kaki. Tanpa jalur pedestrian yang memadai, transportasi umum akan diabaikan.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia Danang Parikesit dalam Dialog Jakarta Baru 2 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2013). Ia mengatakan, pengguna transportasi umum harus berjalan kaki untuk mencapai pemberhentian moda angkutan umum, seperti halte dan stasiun. Untuk itu, sudah semestinya pemerintah menyediakan trotoar yang memadai dan memberi kenyamanan bagi pejalan kaki, termasuk membersihkan trotoar dari pedagang kaki lima.

"Mau sehebat apa pun transportasi umum, tapi tidak ada ruang untuk pejalan kaki, ya orang akan kesulitan," kata Danang.

Danang berharap, pemerintah memberikan kenyamanan penuh pada akses-akses menuju pemberhentian angkutan umum itu. Menurut Danang, membuat trotoar yang nyaman bagi pejalan kaki bukanlah hal sulit ketimbang membangun proyek-proyek baru, seperti mass rapid transit dan monorel. Apalagi dibandingkan dengan mengurus infrastruktur berikut pembayarannya.

"Gampang kok, tempatkan saja dua petugas di sejumlah titik biar (trotoar) tidak dijadikan tempat parkir dan jualan. Kalau fokus, terlihat sekali nanti bedanya," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.