Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Trotoar bagi Angkutan Umum

Kompas.com - 28/05/2013, 19:42 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendukung penggunaan transportasi umum, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga harus memberi perhatian besar pada fasilitas pejalan kaki. Tanpa jalur pedestrian yang memadai, transportasi umum akan diabaikan.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia Danang Parikesit dalam Dialog Jakarta Baru 2 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2013). Ia mengatakan, pengguna transportasi umum harus berjalan kaki untuk mencapai pemberhentian moda angkutan umum, seperti halte dan stasiun. Untuk itu, sudah semestinya pemerintah menyediakan trotoar yang memadai dan memberi kenyamanan bagi pejalan kaki, termasuk membersihkan trotoar dari pedagang kaki lima.

"Mau sehebat apa pun transportasi umum, tapi tidak ada ruang untuk pejalan kaki, ya orang akan kesulitan," kata Danang.

Danang berharap, pemerintah memberikan kenyamanan penuh pada akses-akses menuju pemberhentian angkutan umum itu. Menurut Danang, membuat trotoar yang nyaman bagi pejalan kaki bukanlah hal sulit ketimbang membangun proyek-proyek baru, seperti mass rapid transit dan monorel. Apalagi dibandingkan dengan mengurus infrastruktur berikut pembayarannya.

"Gampang kok, tempatkan saja dua petugas di sejumlah titik biar (trotoar) tidak dijadikan tempat parkir dan jualan. Kalau fokus, terlihat sekali nanti bedanya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com