Kompas.com - 28/05/2013, 21:05 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta masih kekurangan ruang rawat inap untuk pasien pemegang Kartu Jakarta Sehat (KJS). Untuk itu, pemprov akan kembali meningkatkan sarana dan prasarana rumah sakit agar pelayanan kepada pasien bisa dilakukan maksimal.

"Saat ini kami sudah ada 7.989 ranjang di rumah sakit untuk perawatan pasien. Kekurangannya bisa sampai 1.100 ranjang lagi untuk standar kapasitas ruang rawat inap," kata Dien Emmawati, Kasudinkes Pemprov DKI Jakarta Selasa (28/5/2013).

Dien mengungkapkan, standar WHO adalah 1 ranjang untuk 500 penduduk. Dengan mengacu pada rasiotersebut, saat ini Jakarta membutuhkan 9.400 ranjang pasien untuk 4,7 juta jiwa yang menggunakan KJS. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta membangun rumah sakit sebanyak 12 lantai di RS Koja, Jakarta Utara.

Di rumah sakit tersebut nantinya akan menambah 400 tempat tidur pasien untuk menampung pasien. Selain itu, pemprov juga akan membangun ruang rawat inap untuk 31 puskesmas di Jakarta. Setiap puskesmas akan mampu menampung sepuluh bed untuk perawatan pasien inap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.