Kompas.com - 29/05/2013, 08:40 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Kebersihan DKI Jakarta berencana akan menambah sebanyak 10 kapal pembersih sampah. Sejumlah kapal tersebut digunakan demi membantu membersihkan sampah-sampah yang memenuhi Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

"Sekarang, kita punya empat kapal. Satu keliling di Kepulauan Seribu, tiga di pesisir. Tapi, belum cukup, makanya kita tambah, kira-kira sepuluh jumlahnya," ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin di Balaikota, Selasa (28/5/2013).

Unu menjelaskan, kapal baru yang akan dibeli itu berjenis kapal kargo, kapal pengeruk sekaligus pengangkut sampah, dan kapal patroli sampah. Pengerukan sampah  tidak  seperti sebelumnya, yakni manual. Kapal baru yang baru tersebut pun melakukan pengerukan sampah secara otomatis.

Terkait  sistem pengangkutan sampah, Unu menuturkan, tidak ada perubahan dengan yang sebelumnya. Sampah-sampah yang telah terangkut kapal pengeruk kemudian ditampung di suatu pulau. Sesuai dengan jadwal, sampah akan dibawa ke daratan untuk dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang.

"Itu kan tugas kapal pengeruk dan pengangkut. Kalau kapal patroli, tugasnya keliling menyisir lokasi yang banyak sampah, termasuk di bawah kapal bersandar, kemudian komunikasi dengan kapal pengeruk, semuanya ter-cover," ujar Unu.

Rencananya, sebanyak 10 kapal tersebut akan didatangkan secara bertahap dalam waktu satu atau dua bulan mendatang. Dengan penambahan 10 unit kapal, ia berharap proses pembersihan Kepulauan Seribu yang jumlah wisatawannya tinggi dapat dilakukan cepat dan menyeluruh.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.