Kompas.com - 29/05/2013, 09:51 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia telah memberikan sinyal yang cukup baik dalam pembangunan MRT tahap pertama di Jakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan diposisikannya dua pejabat PT KAI sebagai dewan direksi PT MRT.

"PT KAI menempatkan dua orang di direksi. Itu tanda-tanda sudah cinta, taruh dua orang di sana," kata Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan, pembangunan MRT sampai saat ini berjalan cukup lancar. Hari ini, Basuki juga akan bertemu dengan Direktur Utama PT MRT untuk membicarakan kelanjutan pembangunan tersebut.

Basuki melanjutkan, untuk tahap pertama, pembangunan MRT mulai dari stadion lapangan bola Lebak Bulus sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia. Sementara tahap kedua akan diperpanjang mulai dari Bundaran Hotel Indonesia sampai dengan Kampung Bandan di Jakarta Utara.

Mengenai Depo MRT, kata Basuki, dalam tahap pertama ini, baru akan dibangun di Lebak Bulus, sedangkan depo di Kampung Bandan akan dibangun bersamaan dengan pembangunan MRT tahap kedua. Sementara pembangunan jalur MRT tidak ada masalah sama sekali karena memiliki ukuran yang persis sama dengan kereta api listrik.

Sebelumnya, pembangunan MRT akan dilakukan oleh kontraktor pemenang tender, yakni Wijaya Karya dan Shimizu, Jaya Konstruksi dan Obayashi, serta Hutama Karya dan Sumitomo Mitsui Construction Company. Pada tahap pertama pembangunan MRT, yakni dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI, jalur MRT akan dibangun sepanjang 15,7 kilometer. Proyek ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 125 miliar yen atau sekitar Rp 12,5 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.