Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UI Bakar Spanduk Hatta Rajasa

Kompas.com - 29/05/2013, 13:15 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Saat aksi unjuk rasa di Stasiun Universitas Indonesia, mahasiswa UI membakar spanduk bergambar Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Menurut mahasiswa, Hatta adalah menteri koordinator yang membawahi Kementerian BUMN, induk PT KAI yang sedang melakukan pembongkaran terhadap kios pedagang.

"Dia (Hatta) salah satu orang yang bertanggung jawab karena dia Menko Perekonomian yang membawahi BUMN," kata Renaldi, mahasiswa FISIP UI, di depan stasiun, Rabu (29/5/2013).

Sehari sebelumnya, Hatta sempat memberikan kuliah umum di kampus tersebut. Adapun tema kuliah umum yang Hatta sampaikan adalah tentang Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Hal itu tidak luput menjadi sindiran para mahasiswa.

"Ini foto baliho kemarin dia menyampaikan seminar. Kami bakar karena bentuk simbolik kami menolak MP3EI karena proyek ini sebuah proyek tanpa kajian akademis," tutur Renaldi.

Unjuk rasa mahasiswa dilakukan sejak pukul 07.00, bersamaan dengan mulainya proses penertiban terhadap 81 kios pedagang. Ratusan aparat gabungan dari kepolisian yang terdiri atas Brimob, Sabhara, dan Polwan dibantu Kesatuan Marinir dari TNI dan Satuan Polisi Khusus Kereta melakukan pengamanan.

Selama penertiban, Stasiun UI tidak beroperasi. Selain itu, KRL juga tidak berhenti di stasiun tersebut. Para penumpang diimbau untuk naik atau turun di stasiun terdekat, seperti Stasiun Pondok Cina dan Stasiun Universitas Pancasila.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com