Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Meletakkan Batu Pertama Gedung Betawi di Jakarta

Kompas.com - 29/05/2013, 14:02 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meletakkan batu pertama untuk pembangunan gedung beraksen Betawi pertama di Jakarta. Gedung tersebut didirikan oleh PT Mardhika Artha Upaya (MAU) untuk perkantoran Jakarta Box Tower.

"Bisa dikatakan ini gedung pertama yang menggunakan aksen bergaya Betawi," kata Basuki di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2013).

Basuki mengaku sangat berapresiasi terhadap pengembang yang mengikuti prosedur yang ditentukan oleh Gubernur DKI Jakarta dengan menambahkan aksen Betawi. Selain itu, gedung ini juga menanamkan konsep green building yang ramah lingkungan.

Basuki menambahkan, di gedung seluas 7.000 meter persegi tersebut juga akan dibangun lahan parkir yang menyediakan tempat parkir untuk sepeda. Dengan begitu, gedung ini bisa dikatakan menjadi gedung pertama yang memiliki konsep Betawi di area sekitar Monas.

Wahyu Dewanto, Direktur PT MAU, mengatakan, menurut rencana gedung tersebut akan selesai pada 2015. Gedung yang memiliki arsitektur seperti kotak yang ditumpuk-tumpuk ini juga akan menyediakan ornamen ondel-ondel di lobi perkantoran.

Selain itu, kata Wahyu, gedung Jakarta Box Tower juga menyediakan tempat resapan air berupa lubang-lubang di area taman. Ditambah lagi, akan ada penggunaan air yang dimaksimalkan dengan menggunakan limbah air kotor untuk menyiram tanaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com