Kompas.com - 30/05/2013, 08:42 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembangunan moda transportasi massal berbasis rel atau mass rapid transit (MRT) semakin mendekati kenyataan. Dalam waktu dekat, PT MRT akan menegosiasikan kontrak antara direksi dan kontraktor pembangunan tersebut.

"Besok mulai negosiasi kontrak antara direksi dengan kontraktor. Kalau lancar sepakat, teken kontrak," kata Komisaris PT MRT Erry Riyana Hardjapamekas, di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Rabu (29/5/2013) malam.

Erry mengungkapkan, groundbreaking untuk pembangunan MRT harus dilaksanakan tahun ini. Menurut rencana, pembangunan akan dimulai pertengahan Juli mendatang. Dalam kontrak ulang ini, kata Erry, ia tidak mengetahui teknis nilai kontrak secara pasti. Namun, PT MRT sudah mengantongi nama perusahaan kontraktor pemenang tender pembangunan MRT ini.

Pembicaraan lanjutan lebih membahas bagaimana pembangunan dilaksanakan dan syarat apa saja dalam melakukan pembangunan tersebut. Kemungkinan, akan ada beberapa item dari perjanjian kontrak lama yang perlu dirundingkan dan disepakati. Hal tersebut dilakukan sebelum pihak kontraktor menandatangani surat perjanjian dengan PT MRT.

Erry menambahkan, untuk pembahasan perundingan rincinya dengan pihak kontraktor, Direktur Utama PT MRT lebih mengetahui hal tersebut. Paling lambat, negosiasi akan selesai dalam jangka waktu dua minggu ke depan.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan kalau groundbreaking pembangunan MRT dapat dilaksanakan dalam jangka waktu dekat. MRT secara resmi telah diluncurkan sejak 2 Mei lalu. Namun, hingga kini, belum ada tanda-tanda dimulainya pengerjaan fisik megaproyek MRT. Jokowi menyatakan tak ingin tergesa-gesa dalam pengerjaan fisik MRT karena banyak persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.