Kompas.com - 30/05/2013, 11:02 WIB
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com  Tahukah Anda, gantungan baju yang terbuat dari besi sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain? Jika Anda menemukan gantungan-gantungan baju dari besi dengan cat mengelupas, bentuk sudah tidak lagi sempurna, atau Anda sudah tidak lagi ingin menggunakannya, gantungan atau "hanger" tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegunaan lain.

Berikut ini cara "mendaur ulang" gantungan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Alat pembersih pipa

Gantungan baju yang terbuat dari besi umumnya cukup fleksibel untuk Anda gunakan sebagai pembersih pipa. Jika tidak memiliki "drain snake", tidak ada salahnya Anda memanfaatkan gantungan baju untuk membersihkan rambut penyumbat saluran atau kotoran-kotoran lain.

2. Penggantung tisu gulung

Anda juga bisa menggunakan gantungan besi sebagai penggantung tisu gulung di dapur atau di kamar mandi Anda. Selain praktis, cara ini juga mampu menghemat biaya.

3. Dekor ekletik

Manfaatkan gantungan baju yang tidak terpakai untuk menggantung kartu-kartu ucapan, kartu pos, atau foto-foto Anda. Cara ini akan sangat menarik, terutama jika Anda memiliki dekorasi rumah bernuansa ekletik, perpaduan antara dekor klasik dan modern yang nyaman.

4. Penyangga tanaman

Cara pemanfaatan gantungan baju yang terakhir ini sepertinya sudah umum dilakukan. Namun, tidak ada salahnya mengingatkan Anda bahwa gantungan tersebut bisa Anda gunakan sebagai penyangga tanaman. Entah itu tanaman yang perlu dibuat "berdiri" atau tanaman merambat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.