Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Copet, Pengamanan Jakarta Fair 2013 Diperketat

Kompas.com - 30/05/2013, 18:00 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencegah aksi kejahatan yang kerap terjadi selama penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair 2013, panitia menyiapkan pengawalan ketat selama acara itu berlangsung. Sekitar seribu personel gabungan akan mengamankan jalannya acara tersebut.

Dalam sebuah event besar seperti Jakarta Fair, diperlukan sebuah sistim pengamanan yang bagus. Pada Jakarta Fair 2013, panitia telah berkoordinasi dengan petugas keamanan, seperti polisi dan TNI untuk mengamankan acara tersebut. Total, sekitar 1.000 petugas keamanan sudah siap mengamankan acara.

General Manager PT JIExpo Okky Setiawan mengatakan, panitia akan menempatkan personel keamanan di luar maupun di dalam area pameran. Petugas keamanan ini merupakan gabungan dari anggota pengamanan internal, kepolisian, dan TNI dengan seragam dinas maupun pakaian sipil.

Menurut Okky, pengamanan lapis pertama ada di pintu masuk kendaraan ke dalam area Jakarta International Expo, tempat dilangsungkannya Jakarta Fair. Di pintu itu akan dijaga oleh petugas keamanan internal yang dibantu oleh anggota TNI. Sementara itu, di area parkir, juru parkir beserta petugas kepolisian akan mengamankan kendaraan pengunjung. Jika dirinci, petugas keamanan internal yang akan dikerahkan berjumlah 600 orang, juru parkir 150 orang, marinir 70 orang, TNI 400 orang, dan 300 polisi.

"Nanti juga akan ada polisi pakaian bebas yang akan disebar di sejumlah titik," kata Okky di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2013).

Pengamanan akan lebih diperketat lagi dengan menambahkan dua kompi petugas kepolisian dari Satuan Bhayangkara (Sabhara) untuk mengamankan pertunjukan musik dengan jumlah massa banyak. Khusus di luar area JIExpo, panitia akan memasang lampu-lampu penerang jalan untuk meminimalisir tindak kejahatan yang akan terjadi di luar area pameran. Selain itu, akan ada petugas keamanan yang akan berkeliling di kawasan JIExpo.

"Biasanya copet-copet ngumpet di tempat yang gelap, seperti di pinggiran pohon taman. Untuk itu kami akan pasang lampu," ujarnya.

Dengan jaminan keamanan ketat ini, Okky menyatakan bahwa acara ini bukan lagi diperuntukkan bagi warga kalangan menengah ke bawah, tetapi untuk semua kalangan. "Kalangan menengah keatas sudah tak malu datang ke sini, bahkan dubes-dubes juga banyak yang datang nantinya. Ini karena mereka sudah merasa aman dan nyaman," ujarnya.

Jakarta Fair 2013 akan mulai dibuka pada 6 Juni dan ditutup pada 7 Juli 2013. Acara tersebut berlangsung di arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat. Event ini akan berlangsung selama 32 hari dan akan menampilkan lebih dari 260 band dan menampilkan 1.280 stan pameran. Untuk tiket masuk, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 20.000 pada Senin sampai Kamis. Untuk hari Jumat sampai Minggu, tarif akan naik menjadi Rp 30.000 per orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com