Kompas.com - 30/05/2013, 19:50 WIB
|
EditorFarid Assifa

KEDIRI, KOMPAS.com — Puluhan botol minuman keras diamankan petugas gabungan Satpol PP, polisi, serta TNI dari beberapa tempat di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (30/5/2013). Hal ini untuk menekan kejahatan yang disebabkan oleh dampak minuman yang memabukkan itu.

Minuman beralkohol itu disita dari beberapa warung kelontong ataupun kafe remang-remang yang tersebar di Kecamatan Pesantren. Petugas menyita miras karena penjual tidak dapat menunjukkan izin berjualan sebagaimana ketentuan yang ada. Sementara jenis miras yang disita, selain dari merek lokal, juga miras oplosan yang biasa disebut Arak Jawa (Arjo).

Saat razia berlangsung, dibutuhkan kejelian petugas dalam menemukan miras karena botol-botol itu ditempatkan dalam lokasi yang tersembunyi.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kediri Djati Utomo mengatakan, razia miras tersebut menyusul banyaknya laporan masyarakat yang mengeluhkan peredaran miras sehingga tindakan tegas dilakukan untuk menciptakan suasana kondusif di kota yang hanya mempunyai tiga kecamatan ini.

"Dampak negatif dari miras ini dapat memengaruhi moral ataupun mental generasi bangsa," kata Djati Utomo.

Penertiban ini sekaligus sebagai reaksi atas peredaran video mesum yang melibatkan siswi sebuah SMP swasta di Kota Kediri yang beredar sejak sepekan terakhir. Sebab, dalam pertemuan dengan beberapa pihak, Pemkot Kediri mendapat kabar penyebab perbuatan asusila itu karena pengaruh miras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.