Kompas.com - 30/05/2013, 20:15 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, proyek sodetan antara Sungai Ciliwung dan Kanal Banjir Timur (KBT) tak perlu pembebasan lahan warga. Sodetan itu akan dibangun dalam pipa bawah tanah.

"Insya Allah, kita akan bolongin di bawah, lalu didorong pipanya. Jadi tidak perlu pembebasan lahan," ujar Djoko kepada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (30/5/2013) pagi.

Djoko mengatakan, pembebasan lahan merupakan salah satu hal yang dihindari. Selain memakan dana yang besar, langkah tersebut memiliki ongkos sosial yang juga tak kalah besar. Belum lagi jika ada penolakan dari masyarakat.

"Itu yang kita hindari pakai terowongan di dalam tanah, mengganggu permukiman dan mengganggu lalu lintas, kan bisa macet itu," lanjut Djoko.

Badan Anggaran DPR dan Menteri Keuangan telah menyetujui anggaran penanggulangan bencana sepanjang 2013 sebesar Rp 1,64 triliun. Sebanyak Rp 645 miliar akan digunakan untuk pembangunan sodetan Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur untuk mengurangi beban kapasitas di sungai tersebut.

Sodetan sepanjang 2,15 kilometer tersebut direncanakan berbentuk gorong-gorong bawah tanah. Ada dua alternatif ukuran, yaitu pipa berdiameter 2,5 meter berjejer empat atau pipa empat meter berjejer dua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.