Kompas.com - 31/05/2013, 11:03 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga di bantaran Waduk Pluit, Jakarta Utara, tidak akan direlokasi dalam waktu dekat ini. Pemprov DKI akan menyediakan rumah susun (rusun) terlebih dahulu dan memberikan kupon rusun kepada warga yang berhak menerima rusun tersebut.

"Kita harus siapin rumah dulu, tiga bulan lagi selesai sembilan blok, kan ada 900 orang lebih kupon rusun," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (31/5/2013).

Basuki mengungkapkan, setelah rusun siap, Pemprov DKI akan memindahkan terlebih dahulu warga Waduk Pluit yang tinggal di area basah. Artinya, warga yang tinggal persis di atas waduk harus segera mau direlokasi dari tempat tinggalnya.

Setelah pembangunan rusun rampung semuanya, kata Basuki, relokasi akan merambat ke pinggiran Waduk Pluit. Sementara pengerukan untuk memperdalam waduk hanya sedikit demi sedikit dilakukan agar rumah yang berada di sisi timur tidak ambles dan roboh.

"Kalo langsung dikeruk roboh semua 1.400 rumah, takut roboh. Kiri yang kita kerjain. Kanan takut roboh, kita juga enggak cabut listriknya karena ada anak-anak dan lansia," katanya.

Mengenai ungkapan Jokowi yang mengatakan normalisasi waduk bisa selesai dalam jangka waktu enam bulan, Basuki mengungkapkan, saat ini, normalisasi memang sudah mulai dikerjakan untuk alternatifnya. Jakarta Propertindo juga sudah membuat water treatmant tank dan IPAL untuk mendukung normalisasi waduk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.