Kompas.com - 02/06/2013, 13:51 WIB
|
EditorTjatur Wiharyo

JAKARTA, KOMPAS.com — John Kei belum bisa meninggalkan Rumah Tahanan Salemba untuk melayat adiknya, Tito Kei, yang tewas ditembak orang tak dikenal, di Bekasi, Jumat (31/5/2013), karena belum mendapat surat izin dari Mahkamah Agung (MA).

John merupakan terpidana dalam kasus penembakan bos PT Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono. Sejak Tito meninggal, keluarga Tito berusaha mendapatkan izin untuk John supaya John bisa memberikan penghormatan terakhir kepada Tito, yang rencananya akan dibawa ke Tual, Maluku, untuk dimakamkan, Senin (3/6/2013).

"Kita tetap berusaha agar diizinkan agar Bung John diizinkan memberi penghormatan terakhir di rumah duka, tetapi masih terbentur surat penetapan dari MA. Dari Sabtu kita sudah minta izin, tetapi ketemu (pihak MA) bukan persoalan yang gampang," ujar pengacara John, Tofik Candra, di Rutan Salemba, Minggu (2/6/2013).

Menurut Tofik, pihak Rutan Salemba tidak berkeberatan memenuhi permintaan keluarga John, tetapi tak bisa memberi lampu hijau tanpa surat dari MA, mengingat kasus John masih merupakan wewenang MA. John berada di Rutan Salemba dengan status tahanan titipan dan tengah dalam proses banding.

"Tadi kepala rutan bilang tidak ada masalah jika sudah mendapatkan izin. Nanti dia juga akan mengantar ke rumah duka. Kita coba ketuk dari sisi kemanusiaannya. Yang kita butuhkan adalah kebijakan, bukan hukum," ujar Tofik.

"Kita coba ketuk dari sisi kemanusiaannya. Yang kita butuhkan adalah kebijakan, bukan hukum," tandas Tofik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.