Kompas.com - 03/06/2013, 13:23 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Secara diam-diam, DPRD DKI Jakarta merencanakan kunjungan kerja ke tiga negara berbeda. Kunjungan itu bukan termasuk ke dalam kunjungan kerja ke lima sister city di tiga negara yang telah direncanakan sebelumnya.

"Sebulan lalu, ada surat dari pimpinan DPRD ke fraksi meminta peserta melakukan kunjungan kerja," ujar Sekretaris DPRD DKI Mangara Pardede di Gedung DPRD DKI, Senin (3/6/2013).

Mangara mengatakan, berdasarkan surat itu, DPRD DKI hendak meninjau sejumlah program strategis dengan Pemerintah Provinsi Jakarta. Namun, dalam surat itu tak dijelaskan negara tujuan dan proyek strategis apa yang akan ditinjaunya.

"Kita hanya sesuai Pergub bahwa yang kunker (kunjungan kerja) satu grup yang terdiri dari lima anggota saja. Wacana itu ada, tapi tidak tahu jelas," ujarnya.

Sementara itu, terkait rencana kunjungan kerja ke tiga sister city telah dianggarkan sebesar Rp 1,812 miliar dalam APBD DKI 2013, Mangara mengaku tidak mengetahui dari mana sumber pendanaan kunjungan kerja tersebut. Mangara menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan DPRD.

Hingga kini belum ada satu pun pimpinan DPRD DKI yang memberikan konfirmasi atas rencana kunjungan kerja ke luar negeri itu. Rencana kunjungan kerja ke tiga negara itu berbeda dari rencana kunjungan DPRD DKI ke lima sister city di tiga negara. Kunjungan ke sister city direncanakan dilakukan di Houston, Los Angeles, News York, Beijing, dan Seoul. Adapun kunjungan kerja ke tiga negara lain masih belum diketahui. Begitu pun siapa saja yang akan berangkat mengikuti kunjungan kerja itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.