Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusing Status Tanah, Ahok Konsultasi ke UKP4

Kompas.com - 03/06/2013, 15:30 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Basuki T Purnama melakukan konsultasi dengan UKP4 (Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan). Konsultasi itu terkait status lahan DKI yang kerap bermasalah.

"Contoh, yang dianggap lahan garapan girik itu seperti apa sih? Kita minta tafsirannya ke UKP4," ujar pria yang akrab disapa Ahok seusai konsultasi tersebut, Senin (3/6/2013) siang.

Mantan Bupati Belitung tersebut melanjutkan, peraturan terkait pendekatan terhadap warga yang bermukim di lahan girik saat ini belum jelas. Padahal, Pemerintah Provinsi DKI memiliki program yang berkaitan dengan lahan warga tersebut.

"Bagaimana kalau warga (relokasi) berdiri di lahan girik? Itu kan riskan. Makanya harus ada tafsiran yang jelas tentang itu semua," ujarnya.

Seperti diketahui, program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta banyak bersentuhan dengan lahan warga, salah satunya berkaitan dengan pembebasan lahan untuk pembangunan proyek transportasi dan program relokasi. Di lapangan, pemprov kerap terbentur dengan status lahan warga, yakni lahan girik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com