Kompas.com - 03/06/2013, 21:10 WIB
|
EditorFarid Assifa

ASAHAN, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Asahan mengamankan sedikitnya 29 imigran gelap asal Rohingya, Banglades, dan Pakistan, serta satu orang berkewarganegaraan Indonesia.

Mereka awalnya diamankan petugas Kepolisian Sektor Labuhan Ruku dari Pantai Bali, Desa Masjid Lama, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, saat turun dari kapal, Minggu (2/6/2013) malam.

Penangkapan terhadap 29 imigran gelap berawal dari kecurigaan warga setempat yang melihat segerombolan pria dan wanita, termasuk anak-anak, turun dari kapal yang tidak dikenal.

"Merasa curiga, warga kemudian melapor ke Kepolisian Sektor Labuhan Ruku. Petugas kita langsung turun ke lokasi guna menindaklanjuti laporan warga," kata Kepala Kepolisian Sektor Labuhan Ruku Ajun Komisaris Matondang.

Menurut Matondang, di lokasi, petugas menemukan 29 warga asing dan satu orang berkewarganegaraan Indonesia. Sayangnya, ketika petugas tiba di lokasi, kapal yang membawa imigran gelap tak lagi berada di tempat. Selanjutnya, terang Matondang, ke-30 warga itu diboyong ke Markas Kepolisian Resor Asahan (Mapolres Asahan). Beberapa di antaranya merupakan perempuan dan anak-anak.

"Mereka langsung kita boyong ke Mapolres Asahan guna tindakan selanjutnya," ujar Matondang.

Sementara itu, Satuan Intelkam Kepolisian Resor Asahan merinci, imigran gelap itu terdiri dari 10 warga Banglades, 17 warga Rohingya, dan dua orang asal Pakistan. Dua puluh orang di antaranya laki-laki, dan sembilan orang perempuan. Dari jumlah itu, lima orang merupakan anak-anak. Adapun satu orang lain yang merupakan warga Indonesia mengaku tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.