Kompas.com - 04/06/2013, 18:47 WIB
|
EditorTjatur Wiharyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Joko Widodo akan memamerkan prototipe kereta monorel di Monas, Jakarta, pekan depan. Dengan pameran itu, Jokowi berharap bisa masyarakat mendapatkan pemahaman lebih konkret mengenai alat transportasi itu.

 

 

 

 

"Nanti (kereta) monorelnya yang dari INCA dan yang dari China, dipasang di depan Monas supaya semua bisa lihat," ujar Jokowi, usai rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Selasa (4/6/2013) siang.

"Biar masyarakat pada nyoba buka pintunya gimana, tutup pintunya gimna, duduk di monorel kayak apa. Harus dicoba, biar enggak keliru nanti," lanjut Jokowi sambil diiringi oleh tawa khasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pameran itu merupakan bagian dari rencana Pemprov DKI membangun sistem transportasi cepat massal. Kelanjutan rencana tersebut menunggu dokumen financial closing di konsorsium.

Proyek pembangunan monorel bernilai Rp 17 triliun. Nantinya, akan dua dua rute monorel, yaitu Rute Hijau sepanjang 14,5 kilometer dan Rute Biru sepanjang 15,5 kilometer.

Rute Hijau akan melintasi Kuningan - Kuningan Sentral - Gatot Subroto - Senayan - Asia Afrika - Pejompongan - Karet - Dukuh Atas - kembali ke Kuningan.

Adapun Rute Biru akan melintasi Kampung Melayu - Tebet - Kuningan -Casablanca - Tanah Abang - Roxy - Taman Anggrek (Jakarta Barat) dengan tambahan jalur ke wilayah timur dari Pondok Kelapa - Sentral Timur Jakarta dan ke Barat dari Puri Indah.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan PT Jakarta Monorel sebagai pelaksana proyek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.