Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Diharapkan Hadiri Peresmian Kopaja AC

Kompas.com - 05/06/2013, 08:46 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kopaja AC S-602 yang terintegrasi dengan transjakarta akan resmi diluncurkan pagi ini di Terminal Ragunan, Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo diharapkan bisa datang untuk meresmikannya.

"Mudah-mudahan, sampai kemarin sore beliau (Jokowi) menyatakan hadir. Mudah-mudahan jadi karena ini kan juga bentuk dukungan kita (Kopaja) pada Pemprov untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum di Ibu Kota," kata Widodo, Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Kopaja.

Namun, berdasarkan jadwal Gubernur DKI, pagi ini Jokowi melantik Bupati Kepulauan Seribu di Pulau Pari sehingga dia dipastikan tidak bisa menghadiri peresmian beroperasinya Kopaja AC S-602.

Widodo menjelaskan, pihak Kopaja sangat bersyukur akhirnya rute Kopaja AC terintegrasi transjakarta yang ketiga di tahun 2013 ini dapat diluncurkan. Sebelumnya, pada Januari 2013 yang lalu, Kopaja AC S-13 (Ragunan-Grogol) dan P-20 (Lebak Bulus-Senen) telah lebih dulu diluncurkan.

"Kita bersyukur diiberi kesempataan oleh Pemprov, penumpang Kopaja AC pindah ke busway juga tidak dikenakan biaya lagi," ujar Nanang.

Acara peresmian Kopaja AC S-602 akan dilaksanakan pukul 09.00 WIB. Mendampingi Jokowi, sejumlah pejabat yang akan hadir yaitu Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat serta sejumlah rekanan bisnis Kopaja seperti BNI, Astra, Isuzu, dan Toyota.

"Juga ada rekan-rekan mitra karoseri kita seperti dari Delima dan Mandiri Setral," jelas Widodo.

Rencana pengintegrasian transjakarta dan bus-bus reguler ini memang telah disosialisasikan sejak Desember tahun lalu. Dalam seminar Solusi Transportasi untuk Jakarta Berkelanjutan, keberadaan bus reguler yang menggunakan busway diharapkan dapat mendukung bus transjakarta demi meningkatkan pelayanan transportasi di kota Jakarta, khususnya dalam bidang bus.

Namun tentu saja, bus reguler yang boleh menggunakan busway adalah bus-bus yang secara fisik telah memenuhi aspek kenyamanan dan keselamatan, sesuai standar yang telah diterapkan oleh pihak transjakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com