Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peremajaan Kopaja Tanpa Bantuan Pemprov DKI

Kompas.com - 05/06/2013, 11:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Operasional Kopaja Nanang Basuki menyatakan, dana pengadaan unit-unit kopaja AC murni dari pihak Kopaja. Pemprov DKI Jakarta tidak memberi subsidi.

"Kita mandiri tanpa subsidi tanpa hibah dari pemprov," kata Nanang di Terminal Ragunan pada Rabu (5/6/2013).

Hingga Mei 2013, kata Nanang, Kopaja telah meremajakan sekitar 77 unit kopaja di tiga rute, yaitu 20 unit untuk rute S-13 (Ragunan-Grogol), 30 unit P-20 (Lebak Bulus-Senen), dan 17 unit untuk rute S-602 (Ragunan-Tugu Monas).

"Satu busnya seharga Rp 460 Juta. Untuk pendanaan pinjaman dari BNI," jelas Nanang.

Saat ini, jumlah total kopaja reguler yang belum mengalami perbaikan di seluruh Jakarta Raya ada sekitar 1.479 unit. Nanang berharap, untuk mempercepat proses peremajaan bus, Pemprov DKI Jakarta dapat memberikan dana subsidi untuk pihak Kopaja.

"Sudah ada pembicaraan (dengan pemrov) hanya beberapa kali tapi memang sejauh ini untuk subsidi memang belum ada," ujar Nanang.

Hari ini, Kopaja meluncurkan Kopaja AC S-602 untuk rute Ragunan-Tugu Monas. Adapun sebelumnya pada Januari 2013 yang lalu, Kopaja AC S-13 (Ragunan-Grogol) dan P-20 (Lebak Bulus-Senen) telah lebih dulu diluncurkan.

Seperti dua rute sebelumnya, tiket Kopaja AC 602 juga dijual seharga Rp 5.000. Tiket dapat dibeli di halte transjakarta. Jika telah membeli tiket kopaja AC, maka kita juga dapat menggunakannya untuk naik bus transjakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com