Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Mobil Pribadi, Bukan Berpindah ke Motor

Kompas.com - 05/06/2013, 14:33 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan DKI Jakarta tertantang untuk membuat warga Jakarta yang selama ini menggunakan mobil pribadi agar mau pindah ke lain hati, yakni pindah menggunakan transportasi massal.

"Tantangan bagi kita untuk mengurangi mobil. Berkurangnya mobil bukan berarti naik motor, melainkan naiklah angkutan umum," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di Terminal Ragunan, Rabu (5/6/2013).

Untuk itu, Pemprov DKI juga berencana untuk menambah 450 bus transjakarta baru, yang kemudian pelayanannya akan ditingkatkan dengan penambahan kopaja AC.

"Kopaja AC sebagai feeder dari transjakarta sehingga kopaja berangkat dari permukiman, kemudian nanti dengan satu tarif, yaitu Rp 5.000, bisa melanjutkan pindah naik transjakarta," ungkap Udar.

Pada Agustus 2013, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan membuat badan usaha milik daerah (BUMD) untuk mengurus angkutan umum, terutama difokuskan bagi yang belum memiliki kepengurusan baik, salah satunya Metromini.

"Metromini ini kita inginkan masalah manajemennya bisa tuntas. Kopaja bisa berkembang, kenapa Metromini tidak bisa? Kenapa? Untuk itu, kita akan membangun BUMD untuk menampung operator yang tidak mampu mengubah diri," kata Udar.

Menurut Udar, peleburan sejumlah operator dalam satu BUMD nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum di Jakarta demi mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, khususnya kendaraan roda empat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com