Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut "Blusukan", Dubes AS Ingin Belajar dari Jokowi

Kompas.com - 05/06/2013, 16:45 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rupanya ada alasan mengapa Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel ikut blusukan dengan Joko Widodo ke permukiman di Tanjung Priok. Marciel ingin belajar dari Gubernur DKI Jakarta.

"Melihat bagaimana Gubernur Jakarta bekerja sangat menarik dan mungkin kami bisa belajar," ujar Marciel kepada wartawan di sela blusukan bersama Gubernur DKI Jakarta di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (5/6/2013).

Marciel mengakui, baik program maupun sosialisasi semacam itu baru ditemuinya di Indonesia. Di Amerika, kata Marciel, belum pernah ada program Kampung Deret ini. Oleh sebab itu, kedatangannya kali ini mungkin bisa sekaligus dijadikan pembelajaran baginya.

"Saya rasa kami bisa belajar apa yang sudah dilakukan di sini. Saya rasa hal itu pasti akan menguntungkan juga bagi kami," ujar Marciel.

"Sangat menyenangkan juga bisa melihat jalannya proses demokrasi yang sesungguhnya di jalanan seperti ini, bagus ini," tuturnya lagi.

Saat ditanya apakah Amerika Serikat akan ikut bekerja sama dalam program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Marciel pun membenarkannya. Meski tak menjelaskan secara detail bentuk kerja sama dengan Pemprov DKI, Marciel mengaku akan berbangga hati jika kerja sama tersebut terlaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com