Kompas.com - 07/06/2013, 04:40 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KENDARI, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Kota Kendari menangkap tiga pegawai Kantor Imigrasi Kendari, Sulawesi Tenggara. Ketiganya diduga membantu pelarian 20-an imigran gelap. Penangkapan ketiga orang ini merupakan pengembangan dari penangkapan tiga polisi yang kedapatan membantu pelarian para imigran itu.

Tiga petugas imigrasi tersebut berinisial RG, S, dan LA. Polisi juga menahan lima sopir yang dicurigai membantu meloloskan para imigran. Namun, Kepala satuan Reserse Kriminal Polres Kendari AKP Mohammad Faruk Rozi menolak berkomentar banyak. "Kalau soal itu, saya tidak bisa memberikan keterangan, silakan hubungi Kapolres langsung. Karena masalah ini menyangkut instansi lain, sudah dulu ya," ujarnya dihubungi, Kamis (6/6/2013).

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kendari R Hendriartono saat dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan ada petugas imigrasi yang ditangkap polisi. "Iya, benar ada tiga orang petugas yang diperiksa polisi setelah sebelumnya ditangkap sekitar pukul 01.30 Wita dini hari," tutur dia, Kamis (6/6/2013).

Hendriartono pun mengatakan telah mendatangi Polres Kendari. Saat itu, ujar dia, satu petugas imigrasi terlihat tengah menjalani pemeriksaan, yaitu petugas yang membidangi pengawasan dan penindakan keimigrasian.

Imigrasi, kata Hendriartono, menyerahkan sepenuhnya kasus ini pada kepolisian. Ketiga pegawai yang ditahan kepolisian, imbuh dia, belum bisa dipastikan juga keterlibatannya dalam pelarian para imigran. Tetapi, bila terbukti terlibat, Hendriartono berjanji akan memecat mereka yang terlibat.

Sebelumnya diberitakan, tiga anggota polisi berpangkat brigadir satu ditangkap Minggu (2/6/2013). Mereka kedapatan membantu pelarian 28 imigran gelap dari penampungan.

Ketiga anggota polisi itu bertugas di Polda Sulawesi Tenggara, Polresta Kendari, dan Polres Konawe Selatan. Ketiganya telah selesai menjalani pemeriksaan di divisi profesi dan pengamanan Polda Sulawesi Tenggara dan kini masih menjalani pemeriksaan di bagian reserse dan kriminal umum Polda Sulawesi Tenggara. Penangkapan petugas imigrasi dan lima sopir merupakan pengembangan dari penangkapan ketiga polisi ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.