Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pemilik Toko Penentu Penggunaan Tas Plastik di Mal"

Kompas.com - 08/06/2013, 01:29 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengimbau pengelola mal yang alam Festival Jakarta Great Sale untuk melakukan mengurangi penggunaan tas belanja plastik selama Juni 2013, sebagai bentuk dukungan terhadap program Satu Bulan Tanpa Kantong Plastik, yang digagas Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik.

CEO Senayan City, Handaka Santosa, mengatakan, pihaknya sudah menyurati para pemilik toko sesuai dengan surat edaran dari Pemda DKI terkait program kebijakan tersebut. Menurutnya, para pemilik toko menyambut positif gerakan diet tas plastik, meski tidak semua bisa langsung mengganti tas belanja plastik dengan tas belanja berbahan ramah lingkungan.

"Apa yang kami lakukan adalah dengan memberikan surat kepada pemilik toko. Kami sebagai pengelola gedung membantu Pemda DKI. Tentunya kita amati dan monitor, karena kita hanya manajemen pengelolaan," kata Handaka, kepada Kompas.com, Jumat (7/6/2013).

Handaka juga menganjurkan masyarakat untuk aktif menjaga lingkungan dengan membawa tas belanja sendiri.

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dibentuk pada 2013 oleh sejumlah komunitas, organisasi, maupun individu yang aktif bergerak di bidang penyelamatan lingkungan seperti Change.org, Ciliwung Institute, Earth Hour Indonesia, Greeneration Indonesia, LeafPlus, Plastik Detox, Si Dalang ID, dan The Body Shop Indonesia.

Dengan program itu, masyarakat diharapkan semakin sadar lingkungan, mengingat kantong plastik adalah barang sekali pakai. Padahal, alam butuh waktu ratusan tahun untuk mengurainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com