Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Kotak Amal, Residivis Babak Belur

Kompas.com - 09/06/2013, 19:11 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Firman alias Bagong (25) menuai hasil perbuatan tak terpujinya. Belum sempat membawa kotak amal Masjid Al Jariyah di Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara, Firman menerima bogem mentah bertubi-tubi dari warga yang memergokinya, Minggu (9/6/2013) pagi. Beruntung, dua anggota Polsek Mandonga segera mendatangi tempat kejadian dan menyelamatkan pelaku dari sasaran amuk massa.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Mandonga Aipda La Jima Paimo mengatakan, pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Mandonga. "Pelaku sudah kami amankan. Pelaku ternyata baru saja bebas dari Lapas Kendari karena kasus yang sama pada 4 Mei lalu," ujar La Jima dihubungi Minggu (9/6/2013).

Dikatakannya, pelaku disangka pasal 362 KUHP terkait kasus pencurian dengan ancaman hukuman enam bulan penjara. Keterangan para saksi di lokasi kejadian, modus pelaku dalam melakukan aksinya terbilang unik. Sebab, pada malam sebelum beraksi, pelaku yang tidak memiliki tempat tinggal ini menginap di masjid tersebut.

Setelah pelaku merasa keadaan aman, pelaku mulai merusak gembok kotak amal dengan menggunakan sebilah pahat. Namun, saat berusaha membawa kabur uang sekitar Rp 130.000, pelaku keburu dipergoki.

Untuk kepentingan penyelidikan, kotak amal beserta uang yang sudah diambil pelaku kini diamankan sebagai barang bukti. Pelaku kini sudah diproses dan sementara mendekam di tahanan Polsek Mandonga untuk menjalani proses hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com