Kompas.com - 10/06/2013, 13:31 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski Jakarta mendapat empat piala Adipura, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku masih banyak wilayah di Ibu Kota yang masih jauh dari bersih. Oleh sebab itu, dia tidak mau terbuai dengan penghargaan Adipura tahun 2013 ini dari pemerintah pusat.

"Masih buanyaak sekali. Pokoknya kita kerja bukan untuk penghargaan," ujar Joko Widodo di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2013) siang.

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, penghargaan Adipura tak melulu soal kebersihan, tetapi juga keindahan. Jika dari segi kebersihan pihaknya membuat terobosan dengan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Sampah Tahun 2013, Pemprov Jakarta pun akan melakukan terobosan yang sama pada bidang penghijauan.

"Kalau soal pengadaan RTH (ruang terbuka hijau), kita pasti beli lahan sebanyak-banyaknya. Beli terus, tanam terus, begitu," ujar Jokowi.

Pria lulusan Univeritas Gadjah Mada, Yogyakarta, tersebut kemudian mencontohkan Waduk Pluit, Jakarta Utara, dan Waduk Riario, Jakarta Timur, yang penghijauannya akan dimulai pada September 2013 mendatang.

Soal kendala, Jokowi mengaku kesulitan dalam melakukan kontrol ruang terbuka hijau yang memiliki lahan yang kecil. Oleh sebab itu, lanjut Jokowi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membeli lahan yang luas agar mudah saat dikontrol.

Lahan itu pun akan dijadikan ruang publik sekaligus resapan air. "Selain itu, juga bisa dibuat sarana rekreasi, misalnya memancing, perahu. Kebersihannya juga tetap kita pantau," lanjut Jokowi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah pusat mengumumkan daftar pemenang piala Adipura tahun 2013. Dalam kategori Kota Metropolitan, sebanyak enam kota meraih piala tersebut, yaitu Kota Palembang (Sumatera Selatan), Jakarta Selatan (DKI Jakarta), Kota Surabaya (Jawa Timur), Jakarta Utara (DKI Jakarta), dan Jakarta Pusat (DKI Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.