Kompas.com - 10/06/2013, 13:41 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan sebuah pesta rakyat dengan konsep Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair idealnya dapat menampung tempat usaha mikro dan rumah tangga. Acara itu pun harus dapat terjangkau oleh semua kalangan warga.

"Kalau versi Pak Gubernur, yah seperti tempat usaha mikro plus rumah tangga. Anak muda yang kreatif juga harus menciptakan produk untuk dipamerkan, termasuk dapat menampung kegiatan sanggar budaya," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (10/6/2013).

Jakarta Fair yang diselenggarakan oleh PT JIExpo, kata Basuki, merupakan pagelaran pameran yang hanya dapat dinikmati oleh warga kalangan menengah ke atas. Hal itu dapat dibuktikan dengan tidak tertampungnya semua usaha mikro dan rumah tangga di Jakarta Fair.

Selain itu, harga tiket masuk yang dipatok oleh PT JIExpo untuk dapat menikmati Jakarta Fair, dirasa terlalu mahal oleh Basuki. "Kalau untuk masuk saja dipatok Rp 30.000, nah kalau untuk lima anak jadi berapa," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Basuki mengaku tak tahu persis data jumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) dan UKM yang dapat ditampung di Jakarta Fair. Sebab, jatah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI untuk dapat menyelurkan kerajinan tangan dan membuka stand di Jakarta semakin dikurangi.

"Jadi logikanya, jatah kami saja dikurangi. Pak Gubernur ingin kembalikan PRJ ke rohnya dulu. Sekarang ngapain dia pameran mobil, motor? Itu kan justru orientasinya keuntungan," tutur Basuki.

Saat ini, Basuki memerintahkan Asisten Pemerintahan Sylviana Murni untuk mengevaluasi Peraturan Daerah (Perda) penyelenggaraan PRJ. Selain itu, DKI juga akan mempelajari sisi legal penyelenggaraan agenda tahunan itu, apakah harus memakai PT JIExpo sebagai penyelenggara tunggal atau memang boleh dialihkan ke penyelenggara lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemprov DKI akan mengevaluasi seluruh isi Perda tersebut, terutama bagaimana menolong para UKM dan produk-produk kreatif untuk memiliki lokasi berjualan yang murah dan terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.