Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapel Belum Dibayar, Sopir Bus Transjakarta Koridor I dan X Mogok

Kompas.com - 10/06/2013, 13:51 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan sopir bus transjakarta Koridor I jurusan Blok M-Kota dan Koridor X jurusan Cililitan-Tanjung Priok yang berada di bawah naungan PT Jakarta Express Trans (JET) melakukan aksi mogok kerja, Senin (10/6/2013). Mereka mogok kerja lantaran penambahan upah selama enam bulan belum dibayar sejak Januari 2013.

"Total ada 150 orang sopir dan teknisi yang mogok hari ini. Soalnya rapelan kami belum dibayar," kata salah satu sopir yang enggan disebutkan namanya, Senin siang.

Manajer Operasi PT Jakarta Express Trans M Hutabarat mengatakan, pihak UPT Transjakarta belum membayarkan upah tambahan tersebut sehingga PT JET harus menalangi upah tambahan kepada para pekerja sebesar Rp 200.000.

"Kita tunggu keterangan dari UPT Transjakarta. Kenapa operator lain sudah dibayar, sementara kita belum," ujar Hutabarat.

Menurutnya, upah tambahan itu belum dibayarkan pihak UPT sejak Januari 2013 hingga Juni ini. Selain itu, kontrak PT JET sebagai operator bus transjakarta dengan Pemprov DKI juga akan berakhir pada 14 Juni tahun ini.

"Saya rasa kita sudah sampaikan ke sopir untuk mengerti ini. Karena ini memang masalah living cost mereka, kan," ujar Hutabarat.

Sementara Direktur Operasional PT JET Payaman Manik mengatakan, alasan UPT Transjakarta belum dapat mencairkan upah bagi sopir dan teknisi PT JET karena terkendala di Badan Pengelola Keuangan Provinsi DKI Jakarta.

"UPT Transjakarta menjelaskan, masih terkendala di BPKP itu," ujar Payaman.

Adapun beberapa sopir lain yang ditemui di Pul Pinang Ranti, Jakarta Timur, di samping kantor PT JET, enggan mengomentari hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com