Kompas.com - 10/06/2013, 15:46 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Adanya wacana lelang kepala puskesmas membuat Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Ashraf Ali terkejut. Meski begitu, dia menyambut positif wacana tersebut.

"Ada lagi?" kata Ashraf saat dimintai tanggapannya terkait wacana lelang kepala puskesmas itu di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (10/6/2013).

Menurut Ashraf, seleksi terbuka untuk lurah dan camat telah direspons positif oleh masyarakat. Ia pun meyakini, apabila wacana kepala puskesmas dilelang jadi dilaksanakan, rencana itu juga diterima oleh masyarakat.

Puskesmas, kata dia, merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Jadi, sistem yang ada di puskesmas harus mulai dibenahi dari yang terkecil.

"Puskesmas itu garda terdepan pelayanan masyarakat. Artinya memang harus dicek secara visi dan misi. Calon kepala puskesmas harus punya kemampuan yang memadai," kata Ashraf yang pernah heboh saat menyampaikan adanya rencana interpelasi Gubernur DKI Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai, pelayanan puskesmas di DKI masih kurang maksimal. Terlebih lagi, Pemprov DKI tengah menggulirkan program KJS yang harus direspons positif oleh tenaga medis maupun pejabat puskesmas di DKI.

Ahok, sapaan akrab Basuki, menginginkan adanya perbaikan dalam sistem pelayanan di puskesmas, misalnya antrean pasien yang tidak terlalu lama dan penanganan medis yang tepat. Pemprov DKI juga akan mengusulkan program seleksi terbuka kepala puskesmas dalam penyusunan Anggaran Belanja Tambahan (ABT) di APBD-P DKI 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.