Kompas.com - 10/06/2013, 16:36 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Ashraf Ali memberi respons positif terkait rencana Pemprov DKI menyatukan sekolah-sekolah swasta yang hampir bangkrut. Kendati demikian, kata dia, Pemprov DKI harus membuat payung hukum atau regulasi untuk melaksanakan rencana tersebut.

"Ini kan persoalan melepas dan menambah aset. Jadi, sayang kalau tidak dikelola dengan baik. Pemprov DKI tinggal menyusun regulasinya saja," kata Ashraf kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (10/6/2013).

Rencananya, pengakuisisian sekolah swasta hampir bangkrut tersebut akan menggunakan APBD Perubahan DKI 2013 yang baru akan disahkan pada Agustus atau September 2013 mendatang. Menurut Ashraf, DKI masih belum menyerahkan draf usulan APBD-P 2013.

"Masalahnya, di draf perubahan belum ada usulannya. Kalau iya, kita akan cari tahu sekolah-sekolah swasta mana saja yang mau dilepaskan," kata Ashraf.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI akan membeli sekolah swasta DKI yang "ngos-ngosan" tidak mampu membiayai operasional pendidikan. Terobosan penyatuan sekolah swasta itu untuk memaksimalkan layanan pendidikan, terutama kepada masyarakat miskin.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjelaskan, tahap yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan DKI yaitu menginventarisasi sekolah swasta mana saja di DKI yang nyaris bangkrut.

Secara terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjelaskan, indikator sebuah sekolah dikatakan nyaris bangkrut adalah jumlah peserta didik yang kurang dari 20 serta rendahnya rata-rata nilai ujian nasional 2013 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.