Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendamba Pesta yang Lebih Murah Meriah

Kompas.com - 11/06/2013, 03:30 WIB

Mukhamad Kurniawan

Duduk di deretan belakang, Yuwandi (30) dan Amel (22) menyimak pidato pejabat membuka Jakarta Fair 2013 di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Senin (10/6) malam. Sengaja datang bersepeda motor dari Cibubur, Kabupaten Bogor, keduanya ingin menikmati kemeriahan acara itu.

Berbeda dengan pengunjung lain yang memilih menikmati pameran, pasangan suami istri ini masuk ke arena panggung utama, berharap lebih dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan pejabat lain yang hadir. Padahal, tak mudah untuk masuk tanpa undangan. Setidaknya harus melewati pintu pemindai dan petugas pengamanan yang ketat.

Puluhan kursi undangan di bagian belakang kosong. Adapun pengunjung berdesakan di dekat tali pembatas untuk menyaksikan pesta pembukaan secara lebih dekat. Tak sedikit yang mengarahkan kamera telepon ke arah panggung untuk mengabadikan momen, termasuk ketika kembang api menghiasi udara Kemayoran.

Di luar panggung, ribuan pengunjung berlalu lalang di antara stan pameran yang beragam. Ada pakaian, alat rumah tangga, alat olahraga dan kesehatan, komputer, mainan anak, dan otomotif. Ada pula aneka kuliner Nusantara, terutama kerak telor yang menjadi ikon Jakarta, yang tersebar di beberapa sudut.

Ada pula yang menikmati permainan, seperti ketangkasan bola, sepeda air, dan kereta luncur. Sebagian menikmati makanan di stan-stan kuliner yang menjajakan makanan cepat saji dan beberapa menu tradisional.

”Lumayan lengkap, sayang harga tiketnya terus naik,” kata Yuwandi yang mengaku sebagai pelanggan PRJ.

Tarif parkir sepeda motor, misalnya, tahun lalu Rp 5.000- Rp 8.000 kini Rp 10.000. Tiket masuk yang dulu Rp 20.000 per orang, kini Rp 25.000-Rp 30.000 per orang.

Menurut Mirna Lusiana (40), pedagang makanan di arena itu, jumlah stan pada tahun ini lebih banyak. Menu makanan pun lebih bervariasi. ”Tahun lalu hanya sekitar 30 stan kerak telor di arena dalam, sekarang lebih dari 60 stan,” ujarnya.

Akan tetapi, beberapa pedagang mengeluhkan tingginya harga sewa stan. Menurut seorang pedagang, tarif sewa stan berukuran 2 meter x 3 meter mencapai Rp 27 juta-Rp 33 juta untuk 32 hari masa pameran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com