Kompas.com - 11/06/2013, 15:58 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemprov DKI Jakarta berencana memindahkan acara Jakarta Fair atau yang lebih dikenal dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) dari arena PRJ ke Monumen Nasional (Monas). Kendati demikian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Pemprov DKI perlu persiapan matang untuk memindahkan pagelaran tersebut.

"Kita pasti enggak bisalah kalau sarana kita enggak siap," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Basuki mengakui, sulit menemukan gedung seluas 44 hektar seperti arena PRJ Kemayoran. Apabila diselenggarakan di Monas, yang hanya seluas tujuh hektar, kata dia, tempat itu tidak mampu menampung seluruh usaha kecil dan menengah (UKM). Kendati demikian, Basuki yakin pesta rakyat dapat diselenggarakan di Monas dengan memajukan UKM dan pedagang kaki lima (PKL).

"Makanya kita mau melakukan detail engineering design (DED) untuk Monas. Kami rencanakan parkir bawah tanahnya disiapkan dan kami mengharapkan tahun depan kita mulai bangun," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Saat ini, lanjut dia, Pemprov DKI sedang mengkaji apakah PKL dan UKM yang akan berkontribusi di pesta rakyat di Monas diharuskan membayar biaya sewa atau tidak dibebankan biaya. Basuki juga telah memerintahkan Asisten Pemerintahan Sylviana Murni untuk mengevaluasi peraturan daerah (perda) penyelenggaraan PRJ.

Di samping itu, DKI juga akan mempelajari sisi legal penyelenggaraan agenda tahunan itu, apakah harus memakai PT JIExpo sebagai penyelenggara tunggal atau memang boleh dialihkan ke penyelenggara lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.