Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Gratiskan Acara Temu Raja Sedunia di Jakarta

Kompas.com - 11/06/2013, 16:16 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan acara pagelaran kerajaan sedunia yang mempertemukan raja-raja sedunia pada Desember 2013 terbuka untuk umum. Pengunjung acara itu tak akan dipungut biaya sepeser pun.

"Ya, enggaklah, masa karnaval seperti itu pakai tiket," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (11/6/2013) siang.

Meski belum menyebutkan jumlah biaya yang diperlukan untuk menggelar acara tersebut, Jokowi memastikan acara itu akan dibiayai oleh dana APBD. Pagelaran agung keraton sedunia itu akan diselenggarakan pada 5 hingga 8 Desember 2013 dan bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC).

Jokowi mengatakan, acara itu terdiri dari karnaval dan pameran. Pada waktu tertentu, raja-raja itu berkeliling dengan alat transportasi khas mereka masing-masing, dan di saat yang sama ada pameran benda pusaka kerajaan hingga kuliner khasnya.

Jokowi menyebutkan, Jakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pertemuan itu karena merupakan ibu kota negara. "Negara kita memiliki 140 lebih keraton yang tersebar di penjurunya," ujarnya.

Mantan Wali Kota Surakarta itu berharap, melalui pagelaran keraton agung tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat membangun brand dan image baru tentang Jakarta sebagai ibu kota yang berbudaya. Selain mengonfirmasi kerajaan-kerajaan di Indonesia, panitia telah mengonfirmasi beberapa kerajaan lain di Eropa, antara lain Kerajaan Monako dan Kerajaan Belanda. Sejumlah persiapan seperti akomodasi para peserta karnaval dari kerajaan tersebut telah disiapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com