Kompas.com - 11/06/2013, 16:16 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan acara pagelaran kerajaan sedunia yang mempertemukan raja-raja sedunia pada Desember 2013 terbuka untuk umum. Pengunjung acara itu tak akan dipungut biaya sepeser pun.

"Ya, enggaklah, masa karnaval seperti itu pakai tiket," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (11/6/2013) siang.

Meski belum menyebutkan jumlah biaya yang diperlukan untuk menggelar acara tersebut, Jokowi memastikan acara itu akan dibiayai oleh dana APBD. Pagelaran agung keraton sedunia itu akan diselenggarakan pada 5 hingga 8 Desember 2013 dan bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC).

Jokowi mengatakan, acara itu terdiri dari karnaval dan pameran. Pada waktu tertentu, raja-raja itu berkeliling dengan alat transportasi khas mereka masing-masing, dan di saat yang sama ada pameran benda pusaka kerajaan hingga kuliner khasnya.

Jokowi menyebutkan, Jakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pertemuan itu karena merupakan ibu kota negara. "Negara kita memiliki 140 lebih keraton yang tersebar di penjurunya," ujarnya.

Mantan Wali Kota Surakarta itu berharap, melalui pagelaran keraton agung tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat membangun brand dan image baru tentang Jakarta sebagai ibu kota yang berbudaya. Selain mengonfirmasi kerajaan-kerajaan di Indonesia, panitia telah mengonfirmasi beberapa kerajaan lain di Eropa, antara lain Kerajaan Monako dan Kerajaan Belanda. Sejumlah persiapan seperti akomodasi para peserta karnaval dari kerajaan tersebut telah disiapkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.