Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Cuma ke PRJ, Jajal Juga Festival Passer Baroe

Kompas.com - 11/06/2013, 16:22 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menyambut Hari Ulang Tahun Kota Jakarta yang ke-486, Festival Passer Baroe akan dilangsungkan selama tiga hari, mulai 14 sampai 16 Juni 2013. Festival tersebut nantinya akan mempertunjukkan kesenian-kesenian khas Betawi dan bazar.

Festival Passer Baroe ini akan dimeriahkan oleh 30 stan yang berdiri di Jalan Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Selain sebagai bentuk apresiasi seni dan kewirausahaan, acara ini bertujuan mempromosikan Pasar Baru sebagai pusat perbelanjaan legendaris di Jakarta.

"Festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan popularitas kawasan Pasar Baru sebagai kawasan wisata budaya dan belanja legendaris di Jakarta," kata Salma Talalu, Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat Suku Dinas Pariwisata Jakarta Pusat, ketika ditemui di kantornya, Selasa (11/6/2013).

Salma menjelaskan, bazar dengan 30 stan tersebut akan menyuguhkan aneka kuliner dan perbelanjaan lainnya seperti pakaian. Selain itu, ada stan Kantor Pos, Badan Pusat Statistik, Badan Pelestarian Pusaka, dan Kantor Filateli Jakarta yang akan menampilkan karya mereka.

"Nanti juga ada stan dari lima kelurahan di bawah Kecamatan Sawah Besar. Stan itu akan menampilkan kuliner unggulan yang ada di sana. Selain itu juga ada Pasar Baru Great Sale," ujar Salma.

Selain bazar, Festival Pasar Baru itu akan menampilkan budaya khas Betawi seperti kesenian, orkestra Betawi, serta ada ondel-ondel. Tak hanya itu, dalam acara tersebut juga akan disajikan beberapa makanan khas Betawi, seperti kerak telor, laksa Betawi dan nasi ulam, serta selendang mayang.

Festival Passer Baroe mulai dibuka pada pukul 16.00 sampai 21.00 pada hari pertama. Untuk hari kedua dan terakhir, festival akan dibuka pada pukul 13.00 sampai 21.30. Salma berharap festival yang akan dilangsungkan selama tiga hari ini dapat menyaring 10.000 pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com