Kompas.com - 12/06/2013, 12:00 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Seratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi unjuk rasa di kantor pusat PLN di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Dalam tuntutannya, para buruh yang mayoritas merupakan karyawan outsourcing atau tenaga alih daya PLN dari sejumlah daerah di Jawa Barat ini meminta PLN segera mengangkat mereka sebagai karyawan tetap. Menurut mereka, dengan masa pengabdian yang telah lama, sudah sewajarnya mereka menuntut adanya kenaikan status.

"Outsourcing ini sudah ada sekitar 30 tahun lebih. Penghasilan kami hanya upah minimum kabupaten (UMK). Saya berharap kepada pemerintah dan Menteri BUMN, tuntutan kami dikabulkan," kata Chappy Mustofa, Ketua FSPMI Jawa Barat, Rabu (12/6/2013).

"Kami siap menjadi karyawan tetap PLN, tapi tidak mau digaji seperti sekarang. Kita itu kan kerja di bawah vendor. Saya harap vendor itu dihilangkan, dan kami menjadi karyawan tetap. Kalau sekarang, tidak jelas," tambahnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada perwakilan PLN yang menemui para buruh. Para buruh menutup satu jalur lambat menuju arah Blok M, tepat di depan kantor PLN. Meskipun begitu, arus lalu lintas masih lancar tanpa kendala berarti.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X