Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Tahun Jadi "Outsourcing" PLN, Tuntut Jadi Karyawan Tetap

Kompas.com - 12/06/2013, 12:00 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Seratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi unjuk rasa di kantor pusat PLN di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Dalam tuntutannya, para buruh yang mayoritas merupakan karyawan outsourcing atau tenaga alih daya PLN dari sejumlah daerah di Jawa Barat ini meminta PLN segera mengangkat mereka sebagai karyawan tetap. Menurut mereka, dengan masa pengabdian yang telah lama, sudah sewajarnya mereka menuntut adanya kenaikan status.

"Outsourcing ini sudah ada sekitar 30 tahun lebih. Penghasilan kami hanya upah minimum kabupaten (UMK). Saya berharap kepada pemerintah dan Menteri BUMN, tuntutan kami dikabulkan," kata Chappy Mustofa, Ketua FSPMI Jawa Barat, Rabu (12/6/2013).

"Kami siap menjadi karyawan tetap PLN, tapi tidak mau digaji seperti sekarang. Kita itu kan kerja di bawah vendor. Saya harap vendor itu dihilangkan, dan kami menjadi karyawan tetap. Kalau sekarang, tidak jelas," tambahnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada perwakilan PLN yang menemui para buruh. Para buruh menutup satu jalur lambat menuju arah Blok M, tepat di depan kantor PLN. Meskipun begitu, arus lalu lintas masih lancar tanpa kendala berarti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com