Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD DKI Sesalkan Jokowi Tak Penuhi Undangan Pansus MRT

Kompas.com - 12/06/2013, 15:32 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — DPRD DKI membentuk panitia khusus (pansus) untuk mendalami proses pembangunan transportasi massal berbasis rel atau mass rapid transit (MRT). Sayangnya, undangan yang diajukan DPRD DKI untuk menggelar rapat antara Pemprov DKI dan Pansus MRT pada pukul 10.00 pagi tadi tak mendapat tanggapan dari eksekutif.

"Saya sayangkan Pak Jokowi sudah buru-buru ingin menjalankan MRT. Tapi diundang rapat, pejabatnya pada enggak datang," kata Triwisaksana di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Pansus MRT itu, kata dia, dibentuk untuk mendalami sekaligus meminta penjelasan dari pihak eksekutif terkait hal-hal yang ditanyakan oleh anggota Dewan. Misalnya, pengembalian pinjaman antara DKI dan pemerintah pusat kepada Japan International Cooperation Agency (JICA).

Untuk melaksanakan proyek MRT, kata dia, Pemprov DKI juga harus merevisi perda tentang pembangunan MRT terlebih dahulu. "Karena ada perubahan nilai proyek. Awalnya modal dasar PT MRT Rp 9 triliun, tapi karena ke sini-ke sininya ada perubahan nilai sekitar Rp 16 triliun kalau dirupiahkan. Itu yang mau dibahas lagi," kata politisi PKS tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Selasa (11/6/2013) kemarin, telah menghadiri penandatangan kerja sama antara PT MRT Jakarta dan konstruktor untuk memulai pembangunan jalur bawah tanah. Jokowi mengharapkan pembangunan MRT dapat dimulai sebelum Oktober.

Terkait hal itu, Sani berharap agar Jokowi beserta Dirut PT MRT dapat lebih gesit menggarapnya. "Kalau ada kemajuan-kemajuan dalam tahapan pelaksanaan pembangunan, itu sudah bagus. Tapi, aturan harus sudah sesuai dan perda juga harus juga diubah," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu.

Berikut nama-nama jajaran DPRD DKI yang menjadi Pansus MRT:
1. Ferrial Sofyan, koordinator pansus
2. Sayogo Hendrosubroto, koordinator pansus
3. Inggard Joshua, koordinator pansus
4. H Lulung Lunggana, koordinator pansus
5. Triwisaksana, ketua pansus
6. Selamat Nurdin, wakil ketua pansus
7. Jhony Wennas Polly, anggota pansus
8. Ditian Corissa
9. Abdul Muthalib Shihab
10. Santoso
11. Marie Amadea Ismayani
12. Subki
13. Nurmansyah Lubis
14. Syahrial
15. Boy Bernadi Sadikin
16. Zainudin
17. Abdul Aziz
18. Taufik Hadiawan
19. Muhammad Guntur
20. Hasbiallah Ilyas
21. Mangara Pardede.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com