Demo Mahasiswa di Jalan Diponegoro Berakhir, Ambulans Sempat Tertahan

Kompas.com - 12/06/2013, 21:04 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah menutup Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, mahasiswa yang berunjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi akhirnya membubarkan diri sekitar pukul 19.00 WIB. Aksi itu sempat membuat sebuah mobil ambulans tertahan dalam kemacetan.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh sekitar 20 orang mahasiswa Universitas Jayabaya itu berlangsung sejak pukul 17.00 WIB. Mahasiswa membakar ban di ruas Jalan Diponegoro dan hanya membuka satu dari tiga lajur jalan tersebut sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Sebuah mobil ambulans yang tengah membawa seorang pasien juga terjebak kemacetan. Mobil ambulans itu melaju dari arah Jalan Imam Bonjol menuju Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Ambulans berwarna putih itu tampak memotong lajur Jalan Diponegoro dari lajur kanan ke lajur kiri, satu-satunya lajur yang dibuka oleh mahasiswa.

Para pengendara lainnya tampak memberikan jalan bagi ambulans tersebut untuk segera sampai ke rumah sakit. Adapun mahasiswa tetap berunjuk rasa dan tak membuka palang kayu di tengah Jalan Diponegoro. Walaupun hujan turun, mahasiswa tetap tidak membubarkan diri. Mereka masih terus bertahan dengan menutup jalan.

Aksi mereka ditutup dengan nyanyian "Halo-halo Bandung" yang dilantunkan oleh seluruh pendemo. Mereka kemudian meninggalkan lokasi tersebut dengan menggunakan sepeda motor. Setelah polisi membersihkan kotoran sisa unjuk rasa, situasi lalu lintas kembali normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.