Kompas.com - 12/06/2013, 21:08 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap praktik pembuatan narkoba jenis ekstasi di kawasan Kalideres, Jakarta Barat. Dalam penjelasannya, aparat BNN mengamankan seorang pria berinisial R alias P yang diduga kuat terlibat dalam pengelolaan narkoba pada sebuah rumah mewah yang dijadikan pabrik pembuatan barang haram itu.

Deputi Pemberantasan Narkoba BNN, Beny Mamoto, di lokasi pembuatan narkoba kepada wartawan, Rabu (12/6/2013) malam, mengungkapkan, R yang diamankan terlibat dalam sindikat pembutan narkoba sejak bulan Maret 2013 lalu.

"Tim BNN mengungkap satu laboratorium pembuatan narkoba jenis ekstasi di kompleks perumahan dari hasil penelitian satu bulan setengah dan ditangkap tersangka R," kata Beny.

Ia mengatakan, tersangka ditangkap petugas BNN ketika hendak mengubur mesin pembuat ekstasi di pekarangan belakang rumah pada Sabtu, 18 Mei 2013 silam. Mesin untuk pembuatan ekstasi tersebut dikubur pelaku supaya tidak diketahui oleh orang lain dan bisa digunakan kembali. Pelaku, kata Beny, tidak bekerja sendirian dalam mengelola pabrik ekstasi tersebut. Ada pelaku lain yang kini dalam pengejaran petugas dan berstatus buronan.

"Disamping R, ada tiga orang lagi yang masih DPO," ujar Beny. Menurut Beny, para pelaku mengontrak di rumah lokasi pembuatan narkoba pada kompleks tersebut dengan memilih lokasi yang tidak diduga orang sekitar. Dalam pengintaian pihaknya, para pelaku bekerja sangat tenang sehingga tidak diketahui tetangga sekitar lokasi.

"Harga sewa (rumahnya) per tahun Rp 63 juta," ujar Beny. Dari hasil penggeledahan itu, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti 4.245,4 gram serbuk narkotika dan 85 butir tablet methamphetamine. Selain itu, petugas juga menyita beberapa barang bukti yang diduga digunakan untuk proses pembuatan narkoba. Tersangka beserta barang bukti kini tengah ditindak lanjuti oleh petugas untuk pengembangan kasus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X