Kompas.com - 12/06/2013, 21:33 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggabungkan sekolah-sekolah swasta yang hampir bangkrut untuk dijadikan sekolah negeri. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, program tersebut akan diusulkan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI 2013.

"Ada sekolah swasta yang menawarkan ke kami secara lisan melalui surat. Semuanya mesti dimasukkan ke ABT," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Basuki meminta Dinas Pendidikan DKI untuk membentuk sebuah tim khusus untuk meninjau secara langsung permasalahan tersebut. Basuki mengatakan, ada sekolah di Jakarta Barat dan Jakarta Utara yang nantinya akan dialihkan menjadi sekolah negeri. Namun, pria yang akrab disapa Ahok itu enggan menyebutkan yayasan maupun nama sekolah yang akan dibeli pemerintah tersebut.

"Sekolahnya, dua-duanya SMA. Mereka melepas ke kita untuk kita perkuat. Nanti biar Dinas Pendidikan yang urus," kata Basuki.

Sekolah tersebut akan dibeli sesuai dengan nilai jual objek pajak (NJOP) tanah dan bangunan sekolah. Kedua SMA swasta yang akan dibeli itu hanya memiliki luas tanah sebesar 2.500 meter persegi. Oleh karena itu, mereka menawarkan diri untuk dikelola oleh Pemprov DKI.

Pembahasan APBD-P biasanya dimulai Juni atau Juli, kemudian disahkan sekitar bulan Agustus atau September. Pemprov DKI merencanakan penambahan sekitar Rp 2 triliun dari anggaran Rp 49,9 triliun menjadi Rp 52 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.