Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Penggabungan Sekolah Swasta Diusulkan di APBD Perubahan

Kompas.com - 12/06/2013, 21:33 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggabungkan sekolah-sekolah swasta yang hampir bangkrut untuk dijadikan sekolah negeri. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, program tersebut akan diusulkan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) DKI 2013.

"Ada sekolah swasta yang menawarkan ke kami secara lisan melalui surat. Semuanya mesti dimasukkan ke ABT," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Basuki meminta Dinas Pendidikan DKI untuk membentuk sebuah tim khusus untuk meninjau secara langsung permasalahan tersebut. Basuki mengatakan, ada sekolah di Jakarta Barat dan Jakarta Utara yang nantinya akan dialihkan menjadi sekolah negeri. Namun, pria yang akrab disapa Ahok itu enggan menyebutkan yayasan maupun nama sekolah yang akan dibeli pemerintah tersebut.

"Sekolahnya, dua-duanya SMA. Mereka melepas ke kita untuk kita perkuat. Nanti biar Dinas Pendidikan yang urus," kata Basuki.

Sekolah tersebut akan dibeli sesuai dengan nilai jual objek pajak (NJOP) tanah dan bangunan sekolah. Kedua SMA swasta yang akan dibeli itu hanya memiliki luas tanah sebesar 2.500 meter persegi. Oleh karena itu, mereka menawarkan diri untuk dikelola oleh Pemprov DKI.

Pembahasan APBD-P biasanya dimulai Juni atau Juli, kemudian disahkan sekitar bulan Agustus atau September. Pemprov DKI merencanakan penambahan sekitar Rp 2 triliun dari anggaran Rp 49,9 triliun menjadi Rp 52 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com