Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Lusa, Jokowi Promosikan Jakarta di Malaysia

Kompas.com - 12/06/2013, 21:49 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan, dirinya beserta rombongan akan terbang ke Malaysia pada Jumat (14/6/2013) lusa. Kunjungan ke Negeri Jiran itu ditujukan untuk mempromosikan Kota Jakarta.

"Hari Jumat pagi berangkatnya. Semalam saja, ada promosi dari 'Enjoy Jakarta' di Malaysia," ujar Jokowi seusai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Rabu (12/6/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu menegaskan, sumber pembiayaan keberangkatannya itu bukan dari APBD DKI, melainkan dari sponsor. Sponsor yang dimaksud adalah program dari corporate social responsibility perusahaan.

Di Malaysia, Jokowi dan rombongan yang dibawanya akan menampilkan berbagai bentuk kebudayaan asal Jakarta, misalnya tari-tarian serta pertunjukan teatrikal kebudayaan Betawi. "Semua kekuatan yang kita punya kita kerahkan. Seni budaya kita, semua diperlihatkan," katanya pria asal Surakarta, Jawa Tengah, itu.

Selain mempromosikan wisata Jakarta, kunjungan itu juga dimaksudkan untuk studi sistem transportasi yang akan dibangun di Jakarta. "Paling lihat deep tunnel saja," lanjut Jokowi. Di Malaysia, deep tunnel ini dinamakan Stormwater Management and Road Tunnel (SMART) atau SMART Tunnel.

Kepala Bagian Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia menjelaskan, sejumlah artis papan atas di Indonesia mendukung promosi Enjoy Jakarta tersebut. Artis-artis itu ialah Rossa, Ungu, Denny Malik Dancer, Heidy Junus, dan Sarah Sechan.

Sebanyak 25 pelaku industri dari Jakarta yang terdiri atas berbagai asosiasi dan perusahaan serta 175 biro perjalanan dari berbagai kawasan di Malaysia akan ikut berpartisipasi. Dengan adanya kegiatan promosi ini, target kunjungan wisatawan Malaysia ke Indonesia pada 2013 sebanyak 0,32 juta diharapkan bisa tercapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com