Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelebaran Jalan Arjuna, Air Mancur Taman Anggrek Telah Dibongkar

Kompas.com - 13/06/2013, 13:37 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebut air mancur Mal Taman Anggrek harus dibongkar karena ada pelebaran Jalan Arjuna. Rupanya, air mancur tersebut memang sudah dibongkar.

"Akhir Mei sudah dibongkar air mancurnya. Sudah dua minggu," kata Sumanto, salah seorang satpam mal yang terletak di Jakarta Barat tersebut, Kamis (13/6/2013).

Saat ini, lokasi bekas air mancur tersebut sudah rata dan disemen. Namun, area itu tetap belum bisa dilintasi karena dihalangi dengan pembatas dan tali plastik.

Sesuai rencana Pemprov DKI Jakarta, Jalan Arjuna Utara dan Selatan yang terletak di pinggiran Tol Kebun Jeruk akan dilebarkan hingga 18 meter. Pelebaran ini juga akan memakan lahan Universitas Indonesia Esa Unggul, Apartemen Menara Kebon Jeruk, dan sejumlah ruko.

Sebelumnya, Kepala Seksi Perencanaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta (Dinas PU DKI Jakarta) Yudi Febriadi menjelaskan, awalnya jalan itu cuma 6 meter untuk 2 jalur. Nanti akan diperlebar menjadi 18 meter.

Pelebaran jalan ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dilakukan pada ruas sepanjang 750 meter dengan anggaran sekitar Rp 6,257 miliar. Akan tetapi, anggaran tersebut masih perkiraan karena proses lelang sedang berlangsung. Jika pelaksana proyek telah ditentukan dalam lelang itu, maka anggaran pasti baru bisa diketahui.

Menurut Yudi, pembangunan secara bertahap dilakukan karena ada kendala pembebasan lahan. Pada tahap pertama, Dinas PU melakukan pelebaran jalan dari depan RCTI sampai jembatan penyeberangan pejalan kaki Tanjung Duren karena lahan di jalan tersebut milik PT Jasa Marga.

Pelebaran jalan tersebut akan dilakukan pada pertengahan Juni dan selesai pada September 2013. Dengan begitu, Dinas PU menargetkan waktu pelebaran jalan di Jalan Arjuna Selatan selama empat bulan. Saat ini, Dinas PU DKI sudah melakukan sosialisasi kepada warga yang tinggal di sekitar ruas jalan tersebut.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com