Kompas.com - 13/06/2013, 15:05 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil melaksanakan seleksi dan promosi jabatan lurah dan camat tahap pertama, yakni tes manajerial. Dari 980 peserta tes lelang jabatan itu, hampir separuhnya dinyatakan gagal lolos tes.

Kepala Bagian Penilaian Kompetensi Biro Pembinaan dan Karier Sumber Daya Manusia Polri Komisaris Besar Untung Leksono meralat data yang disebutkannya sebagaimana telah diberitakan sebelum ini. Ia mengatakan, jumlah peserta yang lolos tes tahap pertama lelang jabatan lurah dan camat sebanyak 498 orang (bukan 951 orang seperti diberitakan sebelumnya). Jumlah itu terdiri dari 129 calon camat dan 369 calon lurah. Sebanyak 482 orang lainnya dinyatakan tidak lulus seleksi kedua jabatan itu.

Jumlah peserta tes untuk posisi camat sebanyak 287 orang, tetapi lima orang tidak hadir dalam ujian. Dari jumlah tersebut, yang lolos ke tahap selanjutnya berjumlah129 peserta, sedangkan 153 orang lainnya tidak memenuhi syarat. Dengan demikian, total ada 158 calon camat yang gagal lolos seleksi.

"Untuk camat, yang memiliki nilai outstanding ada 7 dari 129. Yang nilainya rata-rata ada 122. Tidak memenuhi syarat ada 153," ujar Untung.

Sementara itu, dari 693 orang peserta lelang jabatan untuk posisi lurah, yang hadir dalam tes tahap pertama berjumlah 670 orang. Dari jumlah tersebut, peserta yang lolos seleksi tahap pertama berjumlah 369 orang. Dengan demikian, jumlah peserta yang tak lolos seleksi lurah sebanyak 324 orang, terdiri atas 23 peserta absen dan 301 peserta yang tak memenuhi syarat.

Jumlah peserta tes posisi lurah dengan nilai outstanding sebanyak 71 orang. Jumlah peserta yang lulus dengan nilai rata-rata ada 298 orang.

Untung mengatakan, camat dan lurah yang lolos uji kompetensi dan promosi terbuka atau sering disebut lelang jabatan tahap pertama itu berhak melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni tahap interview dan uji publik yang kemudian akan dipertimbangkan di Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) DKI.

Sementara itu, sebanyak 454 lurah dan camat yang tidak memenuhi syarat otomatis langsung gugur. "Otomatis enggak bisa ikut tes lanjutan," kata Untung.

Ralat: Seluruh data pada artikel ini merupakan data yang telah dikoreksi. Judul artikel ini juga diralat, sebelumnya ditulis "951 Camat dan Lurah Lolos Lelang Jabatan, 454 Gagal"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.