Kompas.com - 13/06/2013, 19:54 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan seleksi dan promosi terbuka atau lelang jabatan lurah dan camat tahap pertama. Memasuki tahap berikutnya, warga dapat berperan serta memberikan penilaian kepada para peserta lelang jabatan.

Sebanyak 498 peserta program itu dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya, sementara sebanyak 482 peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat alias gugur. Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta I Made Karmayoga mengatakan, tahap pertama yang memakan waktu satu bulan tersebut merupakan tahap uji manajerial. Materi yang diujikan meliputi presentasi program, uji psikometri, dan lainnya. Peserta yang lolos program tersebut selanjutnya diumumkan di website BKD Jakarta.

"Foto dan biodata peserta yang lolos itu akan diperlihatkan kepada publik. Nantinya publik bisa memberikan penilaian, bisa melalui e-mail, SMS, ataupun langsung, tentang peserta," ujar Made.

Ia mengatakan, hasil uji kompetensi tahap pertama serta kritik, aspirasi, dan pendapat dari publik merupakan materi uji kompetensi tahap kedua. Hasilnya akan dipertimbangkan dalam sidang Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Hasil dari sidang Baperjakat berakhir pada proses pengukuhan peserta, yakni pada 21 Juni 2013.

"Untuk kategori belum memenuhi syarat, bukan berarti tidak memenuhi syarat sebagai lurah atau camat. Bisa jadi memenuhi syarat untuk jabatan yang lainnya selain lurah dan camat," ujarnya.

Made menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membutuhkan 44 jabatan camat dan 267 jabatan lurah. Para peserta yang tidak mendapatkan jabatan lurah atau camat nantinya akan dicadangkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk jabatan tersebut. "Jika ada yang pensiun, langsung diisi," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.