Kompas.com - 13/06/2013, 20:30 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Pemasaran PT Jakarta International Expo Ralph Scheunemann mengatakan bahwa lahan seluas 44 hektar di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) merupakan tanah milik Sekretariat Negara. PT JIExpo merupakan pengelola tempat dilangsungkannya Jakarta Fair ini.

"Ini memang tanah Setneg, kita sebagai pengelola saja," jelasnya ketika ditemui di ruangannya di Gedung Pusat Niaga, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2013).

Ralph mengatakan bahwa PT JIExpo hanya mengelola 10 persen dari total lahan yang ada di Kemayoran. Total tanah di Kemayoran itu sebesar 440 hektar. "Di Jakarta Fair, kita hanya jadi event organizer-nya," tambahnya.

PT JIExpo mulai mengelola kompleks seluas 44 hektar ini sejak tahun 2004. Sebelumnya, kompleks itu dikelola oleh Jakarta International Trade Center. Proses pergantian pengelolaan ini dilakukan dengan cara pelelangan yang dilakukan oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) pada 2002. Sampai saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih memiliki saham atas pengelolaan itu, yakni sebesar 13,2 persen.

Terkait wacana penyelenggaraan pesta rakyat Jakarta di Monumen Nasional, Ralph tidak sependapat jika pagelaran Jakarta Fair juga dipindahkan ke sana. "Kalau memindahkan tidak setuju karena di Monas tidak akan cukup. Lahan di sini seluas 44 hektar, sedangkan di Monas hanya 7 hektar," kata Ralph.

Wacana penyelenggaraan pesta rakyat dilontarkan oleh Gubenur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Mereka menilai perlu ada acara pameran yang dapat menampung usaha kecil dan menengah. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggelar acara tersebut pada bulan depan. Acara ini bukan untuk menandingi PRJ.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.