Kompas.com - 14/06/2013, 13:59 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Acara PPKD atau Pekan Produk Kreatif Daerah yang disebut-sebut merupakan embrio pesta rakyat Jakarta tampaknya masih minim sosialisasi. Meski digelar pada Jumat (14/6/2013) sore ini di kawasan Monumen Nasional atau Monas, masih banyak warga DKI Jakarta yang tidak mengetahuinya.

Marghareta Sari (24), warga Jakarta Selatan, salah satunya. Meski dia bekerja di salah satu perusahaan yang berposisi dekat dengan kawasan Monas, tempat penyelenggaraan PPKD, dia mengaku tak mengetahui hal tersebut.

"Kalau PRJ (Pekan Raya Jakarta) di Kemayoran saya tahu, tapi kalau nanti sore yang di Monas beneran enggak tahu," ujarnya kepada Kompas.com, saat dijumpai di kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jumat pagi.

Hal senada juga diungkapkan Aris (28), salah seorang pedagang kopi keliling di kawasan Jalan Kebon Sirih. Dia tahu sejak kemarin bahwa kawasan Monas kerap dimasuki truk berisi alat-alat pesta, yakni tenda, tiang besi, meja kayu, serta set tata suara.

"Saya kira ada acara kayak biasa aja. Enggak tau kalau itu ternyata PRJ-nya Jokowi. Kan emang biasa kan ada acara di Monas," tambah Aris.

Sementara itu, Teguh Dani (42), warga Jakarta Pusat, mengaku mendukung ide Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta menggelar pesta rakyat untuk warga Ibu Kota, termasuk menyelenggarakan PPKD yang disebut-sebut embrio pesta rakyat itu. Namun, ide cemerlang itu pun harus disertakan dengan sosialisasi yang kuat agar masyarakat Jakarta mengetahui dan ikut menikmatinya juga.

"Apa susahnya nempelin poster, nampilin di TV, siarin di radio. Jadi kesannya kan kurang siap aja. Ngerinya banyak yang enggak tahu," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wacana perpindahan PRJ dari area Kemayoran ke pelataran Monas diwacanakan Pemprov DKI, beberapa waktu lalu. Pemprov DKI melihat PRJ kehilangan roh karakter Betawi atas keberadaan stan-stan industri raksasa di PRJ yang menggeser produk kebudayaan Betawi.

Pemprov DKI melihat perlu digelar HUT DKI yang memiliki ciri Betawi. Sebagai uji coba, Pemprov DKI akan menggelar acara PPKD di kawasan Monas dari 14 hingga 16 Juni 2013.

Sesuai rencana, acara itu akan dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dalam acara yang tidak dipungut biaya itu, acara-acara unik diselenggarakan, mulai workshop, akrobat jalanan, parade nona jamu, teater Betawi, pencak silat, lenong Betawi, tari-tarian, dan wayang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.