Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sore Ini Ada PRJ ala Monas, Masih Banyak yang Belum Tahu

Kompas.com - 14/06/2013, 13:59 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Acara PPKD atau Pekan Produk Kreatif Daerah yang disebut-sebut merupakan embrio pesta rakyat Jakarta tampaknya masih minim sosialisasi. Meski digelar pada Jumat (14/6/2013) sore ini di kawasan Monumen Nasional atau Monas, masih banyak warga DKI Jakarta yang tidak mengetahuinya.

Marghareta Sari (24), warga Jakarta Selatan, salah satunya. Meski dia bekerja di salah satu perusahaan yang berposisi dekat dengan kawasan Monas, tempat penyelenggaraan PPKD, dia mengaku tak mengetahui hal tersebut.

"Kalau PRJ (Pekan Raya Jakarta) di Kemayoran saya tahu, tapi kalau nanti sore yang di Monas beneran enggak tahu," ujarnya kepada Kompas.com, saat dijumpai di kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jumat pagi.

Hal senada juga diungkapkan Aris (28), salah seorang pedagang kopi keliling di kawasan Jalan Kebon Sirih. Dia tahu sejak kemarin bahwa kawasan Monas kerap dimasuki truk berisi alat-alat pesta, yakni tenda, tiang besi, meja kayu, serta set tata suara.

"Saya kira ada acara kayak biasa aja. Enggak tau kalau itu ternyata PRJ-nya Jokowi. Kan emang biasa kan ada acara di Monas," tambah Aris.

Sementara itu, Teguh Dani (42), warga Jakarta Pusat, mengaku mendukung ide Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta menggelar pesta rakyat untuk warga Ibu Kota, termasuk menyelenggarakan PPKD yang disebut-sebut embrio pesta rakyat itu. Namun, ide cemerlang itu pun harus disertakan dengan sosialisasi yang kuat agar masyarakat Jakarta mengetahui dan ikut menikmatinya juga.

"Apa susahnya nempelin poster, nampilin di TV, siarin di radio. Jadi kesannya kan kurang siap aja. Ngerinya banyak yang enggak tahu," ujarnya.

Wacana perpindahan PRJ dari area Kemayoran ke pelataran Monas diwacanakan Pemprov DKI, beberapa waktu lalu. Pemprov DKI melihat PRJ kehilangan roh karakter Betawi atas keberadaan stan-stan industri raksasa di PRJ yang menggeser produk kebudayaan Betawi.

Pemprov DKI melihat perlu digelar HUT DKI yang memiliki ciri Betawi. Sebagai uji coba, Pemprov DKI akan menggelar acara PPKD di kawasan Monas dari 14 hingga 16 Juni 2013.

Sesuai rencana, acara itu akan dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dalam acara yang tidak dipungut biaya itu, acara-acara unik diselenggarakan, mulai workshop, akrobat jalanan, parade nona jamu, teater Betawi, pencak silat, lenong Betawi, tari-tarian, dan wayang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com