Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo BBM, Mahasiswa Sandera Mobil Pelat Merah

Kompas.com - 14/06/2013, 17:38 WIB
Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com — Ratusan orang yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Gorontalo Menolak Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak berunjuk rasa di depan kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG) untuk memprotes rencana pemerintah menaikkan harga BBM, Jumat (14/6/2013).

Dalam demonstrasi itu, mereka melakukan sweeping mobil-mobil berpelat merah dan sempat menyandera empat mobil yang tengah melintas di depan gerbang kampus Universitas Negeri Gorontalo.

Aparat kepolisian yang berada di lokasi kejadian berusaha membebaskan keempat mobil milik Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Pohowato itu. Namun, para demonstran menghalau upaya polisi.

Kepala Bagian Operasi Polres Gorontalo Kota AKP Ahmad Yusuf Affandy kemudian bernegosiasi dengan massa. Mereka akhirnya setuju membebaskan keempat mobil itu dengan syarat polisi menjauh dari lokasi unjuk rasa itu.

Setelah polisi menyetujui syarat itu, para pengunjuk rasa membebaskan keempat mobil yang disandera selama hampir dua jam itu. Tidak ada satu pun mobil yang dirusak massa.

Massa kemudian melanjutkan aksi dengan berorasi dan membakar ban, sementara polisi berjaga di lokasi yang berjarak sekitar 50 meter dari mereka.

Dalam orasinya, massa mengecam Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, yang pada Kamis (13/6/2013) menyatakan ikut mendukung kenaikan harga BBM. "Rusli Habibie menjadi gubernur karena dipilih rakyat Gorontalo, tapi kenyataannya dia tak lebih dari kaki tangan SBY-Boediono," ujar Rahmad salah seorang demonstran dalam orasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com